Jumat, 15 Juli 2011

Nih langkah-langkahnya, cara kalibrasi warna di CorelDraw :

1. Set Brightness ama Contrast kita ke kondisi full atau 100%. Ato kalo nggak atur aja supaya nilai keduanya sama. Misal 95% Brightness, 95% Contrast gitu...

2. Jika kita pake Windows 7, cek dulu di fasilitas Calibrate Color-nya dulu. Cek di Control Panel --> Appearance and Personalization --> Display --> Calibrate Color. Ikuti langkah-langkah yang ada di situ, nanti profile warna kita akan tersimpan dan secara otomatis akan di-load waktu kita booting kompi. 

3. Buka Coreldraw kita. Klik New. Terus buat kotak-kotak kayak contoh dibawah, jumlahnya terserah deh. Beri warna masing-masing kotak yang bisa dipilih di palet warna CMYK sebelah kanan : Cyan, Magenta, Yellow, Black (palet warna paling atas), 100C100M100Y100K (hitam paling bawah). Tambahi pula warna-warna yang lain sesuka kita. Kalo warna Black ama  100C100M100Y100K  sama, berarti perlu dikalibrasi tuh monitor. Bentuk nggak harus sama dengan contoh ya, yang penting ada kotak-kotak warnanya.

4. Dokumen tadi kita klik Save as dalam *.cdr, kasih nama sesuka kita. Terus Save as dalam *.ai, namai sesuka kita juga, biar bisa kita buka pake Illustrator. Terus Export dalam *.psd, namai sesuka kita pula, supaya Photosop bisa buka juga.

5. Dalam posisi CorelDraw masih membuka dokumen warna tadi, buka pula Adobe Illustrator atao Shotosop. Buka dokumen yang tadi disimpan sesuai ama jenis filenya. Bandingkan warnanya. Karena Adobe terkenal lebih bagus engine warnanya, kita pake acuan warna dari Shotosop dulu.

6. Klik pengaturan warna di Corel lewat Tools --> Color Management (Coreldraw versi X4 kebawah). Tools --> Color managements --> Default Setting (CorelDraw versi X5). Untuk versi X4 kebawah, pilih Setting : Optimized for Professional Setting. Bisa pake settingan kayak contoh, atou pengen diutak-atik lagi, silahkan. Nah kalo kita udah dikasih tau ama tukang setting film, kita tinggal masukin pilihan di Separation Printer (yang gambar mesin cetak tuh), kalo nggak,  biasanya pake Japan - Color Coated 2001 atau US - Web Coated (SWOP) versi 2.
 Color Management CorelDraw X3 kebawah

 Color Management X5


7. Color Mode used for effect : CMYK bila pekerjaan kita sampai ke urusan mencetak, RGB bila untuk fotography ama webdesign.

8. Cek lagi di Corel. Warna hitamnya udah berbeda belum?  ato udah sama ama warna di Shotosop ? Kalo belum ya kita utak-atik lagi, hehe. Pilih profil warna yang lain yang ada di pilihan. Terus simpan ya... itu yang tanda plus di samping pilihan setting (X4 kebawah), atou tanda disket di samping Presets (X5), kasih nama bebas ajah.

9. Clink! Udah, cuman gitu aja. Moga-moga warnanya tambah bagus... ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar